Pembuatan Aplikasi Game LAD (Listen and Do) Bagi Anak TK/SD Untuk Merangsang Kemampuan Bahasa Inggris

PENDAHULUAN

Game merupakan suatu yang tidak asing lagi dikalangan masyarakat, khususnya pada usia yang masih tergolong usia muda. Game tidak hanya dinikmati oleh golongan usia muda tetapi tidak sedikit juga orangtua yang juga menikmatinya.

Sekarang juga kita berada di jaman modern, dimana sebagian masyarakat sudah ketergantungan dengan gadget, terutama sekarang anak anak kecil pun sudah bisa menggunakan/mengoperasikan gadget. Dengan mengikutinya jaman sekarang yang sudah modern dan juga anak anak kecil yang cenderung sudah menggunakan gadget dan sering bermain game, maka dengan ini saya mempunyai ide untuk membuat suatu aplikasi game sederhana untuk merangsang Bahasa Inggris pada golongan anak TK/SD. Nama game tersebut adalah Listen and Do, yaitu artinya dengarkan dan lakukan, didalam game tersebut ketika dimainkan nantinya akan memberitahu kepada si pengguna melalui suara apa yang harus dilakukannya, yang nantinya juga tidak hanya suara dalam Bahasa Inggrisnya saja tetapi ada juga terjemahan dan teksnya. Dimana tujuan dari pembuatan game ini agar anak TK/SD mampu terasah kemampuan Bahasa Inggrisnya dengan bermain game, jadi tidak hanya kesenangan yang didapat oleh anak TK/SD tersebut tetapi juga dapat mendapatkan ilmu sedikit sedikit tentang Bahas Inggris untuk mengasah kemampuannya.

GAGASAN

Bagian gagasan berisi uraikan tentang :

A. Kondisi kekinian pencetus gagasan (diperoleh dari bahan bacaan, wawancara, observasi, imajinasi yang relevan);

Pada era sekarang ini semuanya sudah modern dan tidak sedikit orang yang sudah ketergantungan dengan gadget baik itu orang dewasa ataupun anak-anak.

Dengan ide pembuatan aplikasi game ini bertujuan untuk anak-anak TK/SD agar tidak hanya bermain game tetapi mendapatkan ilmu juga. Tidak sedikit anak jaman sekarang yang malas gara-gara game, dan itu juga berpengaruh ke dalam ilmu pengetahuannya.

B. Solusi yang pernah ditawarkan atau diterapkan sebelumnya untuk memperbaiki keadaan pencetus gagasan;

Mungkin untuk sebelum sebelumnya solusi yang diterapkan yaitu diadakannya les private Bahasa Inggris, dan untuk jaman sekarang dimana semuanya sudah berbasis digital dan jaman sudah berbeda, maka salah satu solusi yang diajukan untuk saat ini yaitu membuat game yang mempu mengasah Bahasa Inggris. Kenapa game? Karena jaman sekarang anak-anak lebih asik bermain dibandingkan belajar serius.

C. Seberapa jauh kondisi kekinian pencetus gagasan dapat diperbaiki melalui gagasan yang diajukan dan prediksi hasil jika gagasan tersebut diimplementasikan;

Kondisi sekarang anak-anak sudah malas untuk belajar yang terlalu monoton, jadi harus ada sidikit pembedaan metode dalam pembelajarannya. Jadi dengan diadakannya game ini sangat cocok bagi anak-anak sekarang, karena dapat bermain sekaligus mendapatkan ilmu.

D. Pihak-pihak yang dipertimbangkan dapat membantu mengimplementasikan gagasan dan uraian peran atau kontribusi masing-masingnya;

Agar ide ini tercapai maka harus dilakukan pembuatan aplikasi dengan baik, yang dimana pembuatan aplikasi tersebut perlu kontribusi dari lulusan lulusan terbaik Informatika/Sistem Informasi, dan juga membutuhkan seseorang yang ahli dalam berbahasa Inggris.

E. Langkah-langkah strategis yang harus dilakukan untuk mengimplementasikan gagasan sehingga tujuan atau perbaikan yang diharapkan dapat tercapai.

  • Membuat tim untuk pembuatan aplikasi.
  • Melakukan pengujian pemakaian aplikasi
  • Membuat game semenarik mungkin bagi kalangan anak-anak TK/SD, sehingga ketika game itu menarik maka anak-anak tersebut akan betah, dan biasa mendengar kalimat-kalimat/kata-kata dalam Bahasa Inggris, sehingga nantinya ketika mereka sudah mulai belajar Bahasa Inggris lebih lanjut didunia pendidikannya sudah tidak asing, bahkan sudah ada beberapa kata/kalimat yang dimengerti, jadi diharapkan nantinya anak-anak tersebut cepat tanggap dalam mempelajari Bahasa Inggris untuk tingkat selanjutya.

KESIMPULAN

Dengan diajukannya ide tersebut diharapkan anak-anak bisa sedikit-sedikit mempelajari Bahasa Inggris sejak dini, karena bisa berbahasa Inggris sangat penting di negara kita. Diiringi dengan jaman sekarang yang sudah modern maka pembelajaran berbahasa Inggrisnya pun sedikit ada berbeda yaitu dengan metode game, tujuannya supaya lebih mudah diterapkan oleh anak-anak di usia TK/SD.

DAFTAR PUSTAKA

(Pentingnya berhasa Inggirs di usia dini, 2018)

https://www.kompasiana.com/fikriyyah57148/5cb86b853ba7f715e329d5d2/pentingnya-bahasa-inggris-untuk-anak-usia-dini

(Pentingnya Bahasa Inggris di era globalisasi, 2020)

https://portal-ilmu.com/bahasa-inggris-di-era-globalisasi/

NIM : 6701194xxx

Nama : Idham Firhanudin

Kelas : D3SI-43-01

Program Studi D3 Sistem Informasi, Telkom University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *